Kamis, 03 Agustus 2017

KARTU BIMBINGAN PPL


KARTU BIMBINGAN PPL

Nama Mahasiswa             : Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing PPL  : Emi sulistri, S.Pd.,M.Pd.
Guru Pamong                   : Idawati, S.Pd.
Sekolah Mitra PPL           : SD NEGERI 13 Singkawang

No
Hari / Tanggal
Uraian Bimbingan
Paraf








































































NILAI  AKHIR PPL

Nama Mahasiswa             : Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing PPL  : Emi sulistri, S.Pd.,M.Pd.
Guru Pamong                   : Idawati, S.Pd.
Sekolah Mitra PPL           : SD NEGERI 13 Singkawang
TahunAjaran                     : 2017/2018

KOMPONEN
Bobot (B)
Nilai (N)
B x N
1.  Rata-rata RPP
3


2.  Rata-rata Latihan Mengajar
4


3.  Ujian Mengajar
5


4.  Nilai Kepribadian
2


5.  Nilai Kompetensi Sosial
2


6.  Laporan PPL
3


JUMLAH B x N
19


NILAI AKHIR PPL

  =

Singkawang, ………… 2017
Dosen Pembimbing                                                        Guru Pamong






EMY SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.                                        IDAWATI, S.Pd.
NIDN.                                                                              NIP.196004171980092001

Mengetahui,
Kepala Sekolah



MUHAMMAD, S.Pd, SD.
                                                   NIP.



LEMBAR PENILAIAN
LATIHAN/UJIAN PRAKTEK MENGAJAR
PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS
Nama Mahasiswa             : Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Program Studi                   : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kompetensi Dasar            :..............................................................
Kelas/Semester                 : .............................................................
Satuan Pendidikan           : SD NEGERI 13 Singkawang
Penskoran                         :1=Kurang, 2=Cukup, 3=Baik, 4=Sangatbaik



No
INDIKATOR/ASPEK YANG  DIAMATI
SKOR
I
PRA PEMBELAJARAN

1.
Kesiapan,ruang,alat,dan media pembelajaran
1
2       3
4
2.
Memeriksa kesiapan siswa
1
2       3
4



II
MEMBUKA PEMBELAJARAN

1.
Melakukan kegiatan apersepsi
1
2       3
4
2
Menyampaikan kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan)

1

2       3

4



III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pembelajaran

1.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1
2       3
4
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang

relevan

1

2       3

4
B.
 Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran

1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan

Kompetensi yang akan dicapai

1

2       3

4



2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1
2
3
4
3.
Menguasai kelas
1
2
3
4
4.
Menggunakan model, strategi, metode pembelajaran tertentu

1

2

3

4
5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan

Tumbuhnya kebiasaan positif

1

2

3

4
6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi

Waktu yang direncanakan

1

2

3

4



C.
Pemanfaatan media sumber pembelajaran

1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media Sumber pembelajaran

1

2

3

4
2.
Menghasilkan pesan yang menarik
1
2
3
4
3.
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan/atau

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

1

2

3

4



D.
Pembelajaran yang memicu diri memelihara keterlibatan siswa

1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui guru, siswa, sumber pembelajaran

1

2

3

4
2.
Merespon positif partisipasi peserta didik
1
2
3
4
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik

1

2

3

4
4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1
2
3
4
5.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
Didik dalam belajar

1

2

3

4






E.
Penilaian proses dan hasil belajar
1
2
3
4
1.
Memantau kemajuan belajar
1
2
3
4
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dangan kompetensi
1
2
3
4



F.
Penggunaan Bahasa
1
2
3
4
1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1
2
3
4
2.
Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan benar
1
2
3
4
3.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1
2
3
4



IV
PENUTUP

1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan Melibatkan siswa

1

2

3

4
2.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan

arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi /pengayaan


1


2


3


4

Skor Total


NILAI
           

 =
Singkawang,  ……………… 2017
Guru Pamong




IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001





















LEMBAR PENILAIAN
LATIHAN/UJIAN PRAKTEK MENGAJAR
PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS
Nama Mahasiswa             :.Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Program Studi                   : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Kompetensi Dasar            :..............................................................
Kelas/Semester                 : .............................................................
Satuan Pendidikan           :Sekolah Dasar Negeri 13 Singkawang

Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik



No
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRA PEMBELAJARAN

1.
Kesiapan, ruang, alat, dan media pembelajaran
1
2       3
4
2.
Memeriksa kesiapan siswa
1
2       3
4



II
MEMBUKA PEMBELAJARAN

1.
Melakukan kegiatan apersepsi




1        2       3       4

2
Menyampaikan kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan)
1        2       3       4











III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pembelajaran

1.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1        2       3       4
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan
1        2       3       4



B.
Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran


1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
Kompetensi yang akan dicapai
1        2       3       4
2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1        2       3       4
3.
Menguasai kelas

1        2       3       4


4.
Menggunakan model, strategi, metode pembelajaran tertentu
1        2       3       4
5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
Tumbuhnya kebiasaan positif
1        2       3       4
6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi
Waktu yang direncanakan
1        2       3       4



C.
Pemanfaatan media sumber pembelajaran

1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media Sumber pembelajaran
1        2       3       4
2.
Menghasilkan pesan yang menarik
1        2       3       4
3.
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan/atau
Pemanfatansumberbelajar/mediapembelajaran
1        2       3       4









D.
Pembelajaran yang memicu diri memelihara keterlibatan siswa

1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui guru, siswa,sumbepembelajaran
1        2       3       4
2.
Merespon positif partisipasi peserta didik
1        2       3       4
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta
didik
1        2       3       4
4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1        2       3       4
5.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
Didik dalam belajar
1        2       3       4



E.
Penilaian proses dan hasil belajar


1.
Memantau kemajuan belajar
1        2       3       4
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
1        2       3       4






F.
PenggunaanBahasa




1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1        2       3       4
2.
Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan benar
1        2       3       4
3.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1        2       3       4



IV
PENUTUP

1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1        2       3       4
2.
Melaksanakan tindaklanjut dengan memberikan
arahan,atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan
1        2       3       4

SkorTotal






NILAI
           

        =
Singkawang, ………….. 2017
Dosen Pembimbing




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.



LEMBAR PENILAIAN RPP

NAMA MAHASISWA   :.HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
PROGRAM STUDI         : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
KOMPETENSI DASAR :..........................................................
KELAS/SEMESTER       : ..........................................................
Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik



No
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
SKOR/NILAI
A.
Perumusan tujuan Pembelajaran

1
Kejelasan perumusan
1
2       3
4
2
Kelengkapan cakupan perumusan
1
2       3
4
3
Kesesuaian dengan kompetensi dasar
1
2       3
4
B.
Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
2
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
1
2
3
4
3
Keruntutan dan sistematika materi
1
2
3
4
4
Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
1
2
3
4



C.
Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran

1
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran

Dengan tujuan pembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran

Dengan materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran

Dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4



D.
Skenario/kegiatan pembelajaran

1
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan Tujuanpembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4
4
Kelengkapan langkah-langkah dalam setiap tahapan pembelajaran dan kesesuaian alokasi waktu.

1

2

3

4
E.
Penelitian hasil belajar

1
Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan

pembelajaran

1

2

3

4
2
Kejelasan prosedur penilaian
1
2
3
4
3
Kelengkapan instrumen
1
2
3
4

Skortotal



NILAI
           

 =

Singkawang,  ………… 2017
Guru Pamong




IDAWATI, S.Pd.
         NIP.196004171980092001



























LEMBAR PENILAIAN RPP


Nama Mahasiswa             : HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
PRODI/BKK                    : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kompetensi Dasar            :..........................................................
Kelas/Semester                 : ..........................................................
Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik



No
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
SKOR/NILAI
A.
Perumusan tujuan Pembelajaran

1
Kejelasan perumusan
1
2       3
4
2
Kelengkapan cakupan perumusan
1
2       3
4
3
Kesesuaian dengan kompetensi dasar
1
2       3
4



B.
Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
2
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
1
2
3
4
3
Keruntutan dan sistematika materi
1
2
3
4
4
Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
1
2
3
4



C.
Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran

1
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran
Dengan tujuan pembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran
Dengan materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran
Dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4



D.
Skenario/kegiatan  pembelajaran

1
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan Tujuan pembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan Materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4
4
Kelengkapan langkah-langkah dalam setiap tahapan Pembelajaran dan kesesuaian alokasi waktu

1

2

3

4
E.
Penelitian hasil belajar

1
Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan
pembelajaran

1

2

3

4
2
Kejelasan prosedur penilaian
1
2
3
4
3
Kelengkapan instrumen
1
2
3
4

Skor total


NILAI
           

 =

Singkawang, ………….. 2017
Dosen Pembimbing




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.







LEMBAR PENILAIAN KEPRIBADIAN

Nama Mahasiswa             : HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Satuan Pendidikan            : Sekolah Dasar Negeri 13 singkawang
Penskoran                          :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik




No

Aspek Kepribadian
Skor
Agustus
September
Oktober
November
1
Kesamaan dan kesupelan




2
Kekritisan dan kreativitas
3
Ketenangan dan kepercayaan diri
4
Kesopanan dan kelancaran berbicara
5
Kehangatan dalam komunikasi
6
Kematangan/kedewasaan
7
Kesahajaan,   kerapian    dan    kesopanan dalam penampilan
8
Kejujuran/kedisiplinan

Jumlah Skor




NILAI
           

  =

Singkawang, ……………. 2017
Guru Pamong



IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001


LEMBAR PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL

Nama Mahasiswa             : HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Satuan Pendidikan           : SD Negeri 13 Singkawang
Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik




No

Aspek Kompetensi Sosial
Skor
Agus
Sep
Okt
Nov

1

Kesimpatian dan keempatian pada peserta didik,





  Teman sejawat dan warga sekolah


2

Kepatuhan terhadap keputusan bersama


3

Kerja sama dengan teman sejawat


4

Kerja sama dengan peserta didik


5

Ketertiban di lingkungan sekolah


6

Rasa hormat/penghargaan pada orang lain


Jumlah SKor





NILAI
           

 =

Singkawang, …………….. 2017
Guru Pamong




IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001




LEMBAR PENILAIAN LAPORAN KEGIATAN PPL

Nama Mahasiswa             :.Hendrasius

NIM                                  : 11308504140059

Program Studi                   : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sekolah Mitra                    : SD NEGERI 13 SINGKAWANG.

Tahun  Akademik             : 2017/2018



ASPEK YANG DINILAI
NILAI*)


NILAI
1
2
3
4
1.  Kebenaran isi laporan





2.  Kebenaran tata tulis dan bahasa





3.  Kerapian tulisan





4.  Ketepatan waktu penyelesaian





JUMLAH







NILAI
           

        =

Singkawang, ……………… 2017
Dosen Pembimbing




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.






CONTOH BENTUK FORMAT LAPORAN PPL 2017-2018

(dibuat 4 rangkap:LPMPK, dosen pembimbing, guru pamong, dan sekolah mitra)

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
KATAPENGANTAR
Dalam bab ini perlu dikemukakan
-         Tujuan observasi dalam rangkaian Program Pengalaman Lapangan
-         Di Sekolah mana praktikan berlatih
-         Kapan dilaksanakan dan sampai berapa lama dilaksanakan
-         Serta ucapan terima kasih kepada dosen pembimbing, kepala sekolah,dan guru yang telah memberikan bimbingan

DAFTAR ISI

DAFTAR LAMPIRAN( RPP  pada saat ujian, prota, prosem, silabus,  foto kegiatan)
BAB I PENDAHULUAN
-       Dasar Pelaksanaan
-       Tujuan Program PPL
-       Lokasi dan Sasaran
-       Manfaat Program PPL
BAB II PROFIL SEKOLAH
Hal-hal yang perlu dilaporkan antara lain:
-         Denah gedung sekolah susunan ruangan-ruangan yang ada
-         Struktur organisasi sekolah, susunan personalia kepala sekolahguru- guru, pelaksana administrasi
-         Jumlah murid setiap kelas
-         Alat-alat pelajaran yang tersedia
-         Koperasi(bila ada)
-         Keadaan lingkungan belajar murid
-         OSIS
-         Latar belakang para siswa pada umumnya
-         Apakah dalam melaksanakan administrasi dan pembagian tugas

BAB III PELAKSANAAN PPL

-          Jadwal pelaksanaan PPL yang telah dilakukan

-          Analisis hasil pelaksanaan PPL

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan dan saran
            LAMPIRAN
-          RPP  pada saat ujian,
-          prota,
-          prosem,
-          silabus, 
-          Kartu bimbingan PPL
-          foto kegiatan

LAPORAN KEGIATAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SD NEGERI 13 SINGKAWANG
         TAHUN 2017/2018





Oleh:





HENDRASIUS
NIM: 11308504140059































PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) SINGKAWANG
SINGKAWANG

2017



HALAMAN PERSETUJUAN

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN(PPL)

SD NEGERI 13 SINGKAWANG




HENDRASIUS
                NIM: 11308504140059





Singkawang, ……….. 2017

                                                                                              Menyetujui
Dosen Pembimbing,                                                              Guru Pamong,




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.                                                             IDAWATI, S.Pd.
NIDN.                                                                                     NIP.196004171980092001.                                                                                     
                                                                                                         





                                                                                              Mengetahui
Kepala LPMPK                                                                    Kepala Sekolah
STKIP Singkawang,                                                             SDN 3 Singkawang,





Rosmaiyadi, S.Pd.,M.Pd                                                      Muhammad,S.Pd,SD.

NIDN. 1120078701                                                             NIP.

LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Nama Sekolah      : .....................................................
Kelas                     :......................................................
Jam Pelajaran         :......................................................
Mata Pelajaran      :......................................................
Hari/ Tanggal        :......................................................

Amati kegiatan belajar - mengajar yang sedang berlangsung di kelas yang Anda kunjungi. Pusatkan perhatian pada perilaku guru dan siswa di dalam kelas, catat hasil pengamatan Anda dengan menuliskannya di tempat yang tersedia atau menjawab pertanyaan yang tersedia.
A.    1.  Ketika masuk kelas yang dikerjakan  guru adalah
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Guru membuka pelajaran dengan cara
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Apakah cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Berikan alasannya!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.      Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.      Bagaimana perhatian siswa terhadap guru
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
B.     1.  Bagaimana cara guru menyampaikan materi pokok pelajaran?


………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.      Selama pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya kepada siswa?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Berapa orang siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.      Selama pelajaran berlangsung apakah ada
a.      Siswa mengajukan pertanyaan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b.     Siswa yang mendapat kesulitan belajar,jika ya bagaimana cara guru membantunya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
c.      Siswa yang mengganggu kelas, jika ya bagaimana cara guru mengatasinya?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.      Secara umum, bagaimana perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru / aktivitas belajar siswa?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.      Berapa lama pelajaran ini berlangsung?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
C.     Penutup
1.      Apakah yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Bagaimana cara guru menilai hasil belajar siswa?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.      Apa yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk   pindah ke pelajaran lain antara istirahat?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.      Berapa menit bagian penutup ini berlangsung?


…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………                                                                                                                                                         Tuliskan kesan umum Anda terhadap kegiatan belajar-mengajar yang Anda amati itu.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Mengetahui
Guru Pamong                       Dosen Pembimbing                            Praktikan


…………….                        …………………                            HENDRASIUS
NIP.                                     NID.                                                NIM.11308504140059