Kamis, 03 Agustus 2017

KARTU BIMBINGAN PPL


KARTU BIMBINGAN PPL

Nama Mahasiswa             : Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing PPL  : Emi sulistri, S.Pd.,M.Pd.
Guru Pamong                   : Idawati, S.Pd.
Sekolah Mitra PPL           : SD NEGERI 13 Singkawang

No
Hari / Tanggal
Uraian Bimbingan
Paraf








































































NILAI  AKHIR PPL

Nama Mahasiswa             : Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing PPL  : Emi sulistri, S.Pd.,M.Pd.
Guru Pamong                   : Idawati, S.Pd.
Sekolah Mitra PPL           : SD NEGERI 13 Singkawang
TahunAjaran                     : 2017/2018

KOMPONEN
Bobot (B)
Nilai (N)
B x N
1.  Rata-rata RPP
3


2.  Rata-rata Latihan Mengajar
4


3.  Ujian Mengajar
5


4.  Nilai Kepribadian
2


5.  Nilai Kompetensi Sosial
2


6.  Laporan PPL
3


JUMLAH B x N
19


NILAI AKHIR PPL

  =

Singkawang, ………… 2017
Dosen Pembimbing                                                        Guru Pamong






EMY SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.                                        IDAWATI, S.Pd.
NIDN.                                                                              NIP.196004171980092001

Mengetahui,
Kepala Sekolah



MUHAMMAD, S.Pd, SD.
                                                   NIP.



LEMBAR PENILAIAN
LATIHAN/UJIAN PRAKTEK MENGAJAR
PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS
Nama Mahasiswa             : Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Program Studi                   : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kompetensi Dasar            :..............................................................
Kelas/Semester                 : .............................................................
Satuan Pendidikan           : SD NEGERI 13 Singkawang
Penskoran                         :1=Kurang, 2=Cukup, 3=Baik, 4=Sangatbaik



No
INDIKATOR/ASPEK YANG  DIAMATI
SKOR
I
PRA PEMBELAJARAN

1.
Kesiapan,ruang,alat,dan media pembelajaran
1
2       3
4
2.
Memeriksa kesiapan siswa
1
2       3
4



II
MEMBUKA PEMBELAJARAN

1.
Melakukan kegiatan apersepsi
1
2       3
4
2
Menyampaikan kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan)

1

2       3

4



III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pembelajaran

1.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1
2       3
4
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang

relevan

1

2       3

4
B.
 Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran

1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan

Kompetensi yang akan dicapai

1

2       3

4



2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1
2
3
4
3.
Menguasai kelas
1
2
3
4
4.
Menggunakan model, strategi, metode pembelajaran tertentu

1

2

3

4
5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan

Tumbuhnya kebiasaan positif

1

2

3

4
6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi

Waktu yang direncanakan

1

2

3

4



C.
Pemanfaatan media sumber pembelajaran

1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media Sumber pembelajaran

1

2

3

4
2.
Menghasilkan pesan yang menarik
1
2
3
4
3.
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan/atau

Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran

1

2

3

4



D.
Pembelajaran yang memicu diri memelihara keterlibatan siswa

1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui guru, siswa, sumber pembelajaran

1

2

3

4
2.
Merespon positif partisipasi peserta didik
1
2
3
4
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik

1

2

3

4
4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1
2
3
4
5.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
Didik dalam belajar

1

2

3

4






E.
Penilaian proses dan hasil belajar
1
2
3
4
1.
Memantau kemajuan belajar
1
2
3
4
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dangan kompetensi
1
2
3
4



F.
Penggunaan Bahasa
1
2
3
4
1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1
2
3
4
2.
Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan benar
1
2
3
4
3.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1
2
3
4



IV
PENUTUP

1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan Melibatkan siswa

1

2

3

4
2.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan

arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi /pengayaan


1


2


3


4

Skor Total


NILAI
           

 =
Singkawang,  ……………… 2017
Guru Pamong




IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001





















LEMBAR PENILAIAN
LATIHAN/UJIAN PRAKTEK MENGAJAR
PROSES PEMBELAJARAN DIKELAS
Nama Mahasiswa             :.Hendrasius
NIM                                  : 11308504140059
Program Studi                   : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Kompetensi Dasar            :..............................................................
Kelas/Semester                 : .............................................................
Satuan Pendidikan           :Sekolah Dasar Negeri 13 Singkawang

Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik



No
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRA PEMBELAJARAN

1.
Kesiapan, ruang, alat, dan media pembelajaran
1
2       3
4
2.
Memeriksa kesiapan siswa
1
2       3
4



II
MEMBUKA PEMBELAJARAN

1.
Melakukan kegiatan apersepsi




1        2       3       4

2
Menyampaikan kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan)
1        2       3       4











III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pembelajaran

1.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1        2       3       4
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan
1        2       3       4



B.
Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran


1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
Kompetensi yang akan dicapai
1        2       3       4
2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1        2       3       4
3.
Menguasai kelas

1        2       3       4


4.
Menggunakan model, strategi, metode pembelajaran tertentu
1        2       3       4
5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
Tumbuhnya kebiasaan positif
1        2       3       4
6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi
Waktu yang direncanakan
1        2       3       4



C.
Pemanfaatan media sumber pembelajaran

1.
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media Sumber pembelajaran
1        2       3       4
2.
Menghasilkan pesan yang menarik
1        2       3       4
3.
Melibatkan siswa dalam pembuatan dan/atau
Pemanfatansumberbelajar/mediapembelajaran
1        2       3       4









D.
Pembelajaran yang memicu diri memelihara keterlibatan siswa

1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui guru, siswa,sumbepembelajaran
1        2       3       4
2.
Merespon positif partisipasi peserta didik
1        2       3       4
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta
didik
1        2       3       4
4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1        2       3       4
5.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
Didik dalam belajar
1        2       3       4



E.
Penilaian proses dan hasil belajar


1.
Memantau kemajuan belajar
1        2       3       4
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
1        2       3       4






F.
PenggunaanBahasa




1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1        2       3       4
2.
Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan benar
1        2       3       4
3.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1        2       3       4



IV
PENUTUP

1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1        2       3       4
2.
Melaksanakan tindaklanjut dengan memberikan
arahan,atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan
1        2       3       4

SkorTotal






NILAI
           

        =
Singkawang, ………….. 2017
Dosen Pembimbing




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.



LEMBAR PENILAIAN RPP

NAMA MAHASISWA   :.HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
PROGRAM STUDI         : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
KOMPETENSI DASAR :..........................................................
KELAS/SEMESTER       : ..........................................................
Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik



No
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
SKOR/NILAI
A.
Perumusan tujuan Pembelajaran

1
Kejelasan perumusan
1
2       3
4
2
Kelengkapan cakupan perumusan
1
2       3
4
3
Kesesuaian dengan kompetensi dasar
1
2       3
4
B.
Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
2
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
1
2
3
4
3
Keruntutan dan sistematika materi
1
2
3
4
4
Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
1
2
3
4



C.
Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran

1
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran

Dengan tujuan pembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran

Dengan materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran

Dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4



D.
Skenario/kegiatan pembelajaran

1
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan Tujuanpembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4
4
Kelengkapan langkah-langkah dalam setiap tahapan pembelajaran dan kesesuaian alokasi waktu.

1

2

3

4
E.
Penelitian hasil belajar

1
Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan

pembelajaran

1

2

3

4
2
Kejelasan prosedur penilaian
1
2
3
4
3
Kelengkapan instrumen
1
2
3
4

Skortotal



NILAI
           

 =

Singkawang,  ………… 2017
Guru Pamong




IDAWATI, S.Pd.
         NIP.196004171980092001



























LEMBAR PENILAIAN RPP


Nama Mahasiswa             : HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
PRODI/BKK                    : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kompetensi Dasar            :..........................................................
Kelas/Semester                 : ..........................................................
Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik



No
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
SKOR/NILAI
A.
Perumusan tujuan Pembelajaran

1
Kejelasan perumusan
1
2       3
4
2
Kelengkapan cakupan perumusan
1
2       3
4
3
Kesesuaian dengan kompetensi dasar
1
2       3
4



B.
Pemilihan dan pengorganisasian materi ajar

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
2
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
1
2
3
4
3
Keruntutan dan sistematika materi
1
2
3
4
4
Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
1
2
3
4



C.
Pemilihan sumber belajar/media pembelajaran

1
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran
Dengan tujuan pembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran
Dengan materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran
Dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4



D.
Skenario/kegiatan  pembelajaran

1
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan Tujuan pembelajaran

1

2

3

4
2
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan Materi pembelajaran

1

2

3

4
3
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik

1

2

3

4
4
Kelengkapan langkah-langkah dalam setiap tahapan Pembelajaran dan kesesuaian alokasi waktu

1

2

3

4
E.
Penelitian hasil belajar

1
Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan
pembelajaran

1

2

3

4
2
Kejelasan prosedur penilaian
1
2
3
4
3
Kelengkapan instrumen
1
2
3
4

Skor total


NILAI
           

 =

Singkawang, ………….. 2017
Dosen Pembimbing




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.







LEMBAR PENILAIAN KEPRIBADIAN

Nama Mahasiswa             : HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Satuan Pendidikan            : Sekolah Dasar Negeri 13 singkawang
Penskoran                          :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik




No

Aspek Kepribadian
Skor
Agustus
September
Oktober
November
1
Kesamaan dan kesupelan




2
Kekritisan dan kreativitas
3
Ketenangan dan kepercayaan diri
4
Kesopanan dan kelancaran berbicara
5
Kehangatan dalam komunikasi
6
Kematangan/kedewasaan
7
Kesahajaan,   kerapian    dan    kesopanan dalam penampilan
8
Kejujuran/kedisiplinan

Jumlah Skor




NILAI
           

  =

Singkawang, ……………. 2017
Guru Pamong



IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001


LEMBAR PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL

Nama Mahasiswa             : HENDRASIUS
NIM                                  : 11308504140059
Prodi                                 : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Satuan Pendidikan           : SD Negeri 13 Singkawang
Penskoran                         :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik




No

Aspek Kompetensi Sosial
Skor
Agus
Sep
Okt
Nov

1

Kesimpatian dan keempatian pada peserta didik,





  Teman sejawat dan warga sekolah


2

Kepatuhan terhadap keputusan bersama


3

Kerja sama dengan teman sejawat


4

Kerja sama dengan peserta didik


5

Ketertiban di lingkungan sekolah


6

Rasa hormat/penghargaan pada orang lain


Jumlah SKor





NILAI
           

 =

Singkawang, …………….. 2017
Guru Pamong




IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001




LEMBAR PENILAIAN LAPORAN KEGIATAN PPL

Nama Mahasiswa             :.Hendrasius

NIM                                  : 11308504140059

Program Studi                   : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sekolah Mitra                    : SD NEGERI 13 SINGKAWANG.

Tahun  Akademik             : 2017/2018



ASPEK YANG DINILAI
NILAI*)


NILAI
1
2
3
4
1.  Kebenaran isi laporan





2.  Kebenaran tata tulis dan bahasa





3.  Kerapian tulisan





4.  Ketepatan waktu penyelesaian





JUMLAH







NILAI
           

        =

Singkawang, ……………… 2017
Dosen Pembimbing




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.






CONTOH BENTUK FORMAT LAPORAN PPL 2017-2018

(dibuat 4 rangkap:LPMPK, dosen pembimbing, guru pamong, dan sekolah mitra)

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
KATAPENGANTAR
Dalam bab ini perlu dikemukakan
-         Tujuan observasi dalam rangkaian Program Pengalaman Lapangan
-         Di Sekolah mana praktikan berlatih
-         Kapan dilaksanakan dan sampai berapa lama dilaksanakan
-         Serta ucapan terima kasih kepada dosen pembimbing, kepala sekolah,dan guru yang telah memberikan bimbingan

DAFTAR ISI

DAFTAR LAMPIRAN( RPP  pada saat ujian, prota, prosem, silabus,  foto kegiatan)
BAB I PENDAHULUAN
-       Dasar Pelaksanaan
-       Tujuan Program PPL
-       Lokasi dan Sasaran
-       Manfaat Program PPL
BAB II PROFIL SEKOLAH
Hal-hal yang perlu dilaporkan antara lain:
-         Denah gedung sekolah susunan ruangan-ruangan yang ada
-         Struktur organisasi sekolah, susunan personalia kepala sekolahguru- guru, pelaksana administrasi
-         Jumlah murid setiap kelas
-         Alat-alat pelajaran yang tersedia
-         Koperasi(bila ada)
-         Keadaan lingkungan belajar murid
-         OSIS
-         Latar belakang para siswa pada umumnya
-         Apakah dalam melaksanakan administrasi dan pembagian tugas

BAB III PELAKSANAAN PPL

-          Jadwal pelaksanaan PPL yang telah dilakukan

-          Analisis hasil pelaksanaan PPL

BAB IV PENUTUP

Kesimpulan dan saran
            LAMPIRAN
-          RPP  pada saat ujian,
-          prota,
-          prosem,
-          silabus, 
-          Kartu bimbingan PPL
-          foto kegiatan

LAPORAN KEGIATAN
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SD NEGERI 13 SINGKAWANG
         TAHUN 2017/2018





Oleh:





HENDRASIUS
NIM: 11308504140059































PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) SINGKAWANG
SINGKAWANG

2017



HALAMAN PERSETUJUAN

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN(PPL)

SD NEGERI 13 SINGKAWANG




HENDRASIUS
                NIM: 11308504140059





Singkawang, ……….. 2017

                                                                                              Menyetujui
Dosen Pembimbing,                                                              Guru Pamong,




EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.                                                             IDAWATI, S.Pd.
NIDN.                                                                                     NIP.196004171980092001.                                                                                     
                                                                                                         





                                                                                              Mengetahui
Kepala LPMPK                                                                    Kepala Sekolah
STKIP Singkawang,                                                             SDN 3 Singkawang,





Rosmaiyadi, S.Pd.,M.Pd                                                      Muhammad,S.Pd,SD.

NIDN. 1120078701                                                             NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar