KARTU BIMBINGAN PPL
Nama Mahasiswa : Hendrasius
NIM : 11308504140059
Prodi : Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing PPL : Emi sulistri,
S.Pd.,M.Pd.
Guru Pamong : Idawati, S.Pd.
Sekolah Mitra PPL : SD NEGERI 13
Singkawang
No
|
Hari / Tanggal
|
Uraian Bimbingan
|
Paraf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NILAI AKHIR PPL
Nama Mahasiswa : Hendrasius
NIM : 11308504140059
Prodi : Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia
Dosen Pembimbing PPL : Emi sulistri,
S.Pd.,M.Pd.
Guru Pamong : Idawati, S.Pd.
Sekolah Mitra PPL : SD NEGERI 13
Singkawang
TahunAjaran : 2017/2018
KOMPONEN
|
Bobot (B)
|
Nilai
(N)
|
B
x N
|
1.
Rata-rata RPP
|
3
|
|
|
2.
Rata-rata Latihan
Mengajar
|
4
|
|
|
3.
Ujian Mengajar
|
5
|
|
|
4.
Nilai Kepribadian
|
2
|
|
|
5.
Nilai Kompetensi Sosial
|
2
|
|
|
6.
Laporan PPL
|
3
|
|
|
JUMLAH B x N
|
19
|
|
|
NILAI AKHIR PPL
=
Singkawang, ………… 2017
Dosen Pembimbing Guru Pamong
EMY SULISTRI,S.Pd.,M.Pd. IDAWATI, S.Pd.
NIDN. NIP.196004171980092001
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MUHAMMAD, S.Pd, SD.
NIP.
LEMBAR
PENILAIAN
LATIHAN/UJIAN PRAKTEK
MENGAJAR
PROSES
PEMBELAJARAN DI KELAS
Nama Mahasiswa : Hendrasius
NIM : 11308504140059
Program Studi : Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kompetensi
Dasar :..............................................................
Kelas/Semester :
.............................................................
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 13
Singkawang
Penskoran :1=Kurang,
2=Cukup, 3=Baik, 4=Sangatbaik
No
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
||
I
|
PRA
PEMBELAJARAN
|
|
||
1.
|
Kesiapan,ruang,alat,dan media
pembelajaran
|
1
|
2 3
|
4
|
2.
|
Memeriksa kesiapan
siswa
|
1
|
2 3
|
4
|
|
|
|
||
II
|
MEMBUKA
PEMBELAJARAN
|
|
||
1.
|
Melakukan kegiatan
apersepsi
|
1
|
2 3
|
4
|
2
|
Menyampaikan kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan)
|
1
|
2 3
|
4
|
|
|
|
||
III
|
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN
|
|
||
A.
|
Penguasaan materi
pembelajaran
|
|
||
1.
|
Menunjukkan penguasaan
materi pembelajaran
|
1
|
2 3
|
4
|
2.
|
Mengaitkan materi dengan
pengetahuan lain
yang
relevan
|
1
|
2 3
|
4
|
B.
|
Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran
|
|
||
1.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan
Kompetensi yang akan
dicapai
|
1
|
2 3
|
4
|
2.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3.
|
Menguasai kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4.
|
Menggunakan model, strategi, metode pembelajaran
tertentu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan
Tumbuhnya kebiasaan
positif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi
Waktu yang direncanakan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
C.
|
Pemanfaatan
media sumber pembelajaran
|
|
|||
1.
|
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan
media Sumber pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Menghasilkan
pesan
yang
menarik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3.
|
Melibatkan
siswa dalam pembuatan
dan/atau
Pemanfaatan sumber
belajar/media
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
D.
|
Pembelajaran yang
memicu
diri memelihara keterlibatan siswa
|
|
|||
1.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui guru, siswa, sumber pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Merespon
positif partisipasi
peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3.
|
Menunjukkan sikap
terbuka terhadap
respons peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang
kondusif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
Didik
dalam
belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
E.
|
Penilaian
proses
dan hasil belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Memantau kemajuan
belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Melakukan penilaian akhir sesuai
dangan kompetensi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
F.
|
Penggunaan
Bahasa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Menggunakan bahasa tubuh
yang
baik dan benar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3.
|
Menyampaikan pesan
dengan
gaya yang sesuai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
IV
|
PENUTUP
|
|
|||
1.
|
Melakukan refleksi atau
membuat rangkuman dengan Melibatkan
siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2.
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan
arahan, atau kegiatan
atau tugas sebagai
bagian
remidi
/pengayaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Skor Total
|
|
NILAI
=
Singkawang, ……………… 2017
Guru Pamong
IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001
LEMBAR
PENILAIAN
LATIHAN/UJIAN PRAKTEK
MENGAJAR
PROSES
PEMBELAJARAN DIKELAS
Nama Mahasiswa :.Hendrasius
NIM : 11308504140059
Program Studi : Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Kompetensi
Dasar :..............................................................
Kelas/Semester : .............................................................
Satuan Pendidikan :Sekolah Dasar Negeri 13 Singkawang
Penskoran :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik
No
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
|
SKOR
|
|||
I
|
PRA
PEMBELAJARAN
|
|
|||
1.
|
Kesiapan, ruang,
alat,
dan media pembelajaran
|
1
|
2 3
|
4
|
|
2.
|
Memeriksa kesiapan
siswa
|
1
|
2 3
|
4
|
|
|
|
|
|||
II
|
MEMBUKA
PEMBELAJARAN
|
|
|||
1.
|
Melakukan kegiatan
apersepsi
|
1 2 3
4
|
|||
2
|
Menyampaikan kompetensi (tujuan yang akan dicapai dan rencana kegiatan)
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|||
III
|
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN
|
|
|||
A.
|
Penguasaan materi
pembelajaran
|
|
|||
1.
|
Menunjukkan penguasaan
materi pembelajaran
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Mengaitkan materi dengan
pengetahuan lain
yang
relevan
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|||
B.
|
Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran
|
|
|||
1.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan
Kompetensi yang akan
dicapai
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
1 2 3
4
|
|||
3.
|
Menguasai kelas
|
1 2 3
4
|
|||
4.
|
Menggunakan model, strategi, metode
pembelajaran tertentu
|
1 2 3
4
|
|||
5.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan
Tumbuhnya kebiasaan
positif
|
1 2 3
4
|
|||
6.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi
Waktu yang direncanakan
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|||
C.
|
Pemanfaatan
media sumber pembelajaran
|
|
|||
1.
|
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan
media Sumber pembelajaran
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Menghasilkan
pesan
yang
menarik
|
1 2 3
4
|
|||
3.
|
Melibatkan
siswa dalam pembuatan
dan/atau
Pemanfatansumberbelajar/mediapembelajaran
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|||
D.
|
Pembelajaran yang
memicu
diri memelihara keterlibatan siswa
|
|
|||
1.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui guru, siswa,sumber
pembelajaran
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Merespon
positif partisipasi
peserta didik
|
1 2 3
4
|
|||
3.
|
Menunjukkan sikap
terbuka terhadap
respons peserta
didik
|
1 2 3
4
|
|||
4.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang
kondusif
|
1 2 3
4
|
|||
5.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta
Didik
dalam
belajar
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|||
E.
|
Penilaian
proses
dan hasil belajar
|
|
|
||
1.
|
Memantau kemajuan
belajar
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Melakukan penilaian akhir sesuai
dengan kompetensi
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
F.
|
PenggunaanBahasa
|
|
|
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Menggunakan bahasa tubuh
yang
baik dan benar
|
1 2 3
4
|
|||
3.
|
Menyampaikan pesan
dengan
gaya yang sesuai
|
1 2 3
4
|
|||
|
|
|
|||
IV
|
PENUTUP
|
|
|||
1.
|
Melakukan refleksi atau
membuat rangkuman dengan melibatkan
siswa
|
1 2 3
4
|
|||
2.
|
Melaksanakan
tindaklanjut dengan memberikan
arahan,atau kegiatan
atau tugas sebagai
bagian
remidi / pengayaan
|
1 2 3
4
|
|||
|
SkorTotal
|
|
NILAI
=
Singkawang, ………….. 2017
Dosen Pembimbing
EMI
SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.
LEMBAR PENILAIAN RPP
NAMA MAHASISWA :.HENDRASIUS
NIM : 11308504140059
PROGRAM STUDI : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia.
KOMPETENSI
DASAR :..........................................................
KELAS/SEMESTER : ..........................................................
Penskoran :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik
No
|
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
|
SKOR/NILAI
|
|||
A.
|
Perumusan tujuan
Pembelajaran
|
|
|||
1
|
Kejelasan perumusan
|
1
|
2 3
|
4
|
|
2
|
Kelengkapan
cakupan perumusan
|
1
|
2 3
|
4
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan kompetensi
dasar
|
1
|
2 3
|
4
|
|
B.
|
Pemilihan dan pengorganisasian
materi ajar
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
dengan tujuan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kesesuaian
dengan karakteristik
peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Keruntutan dan sistematika
materi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Kesesuaian
materi dengan
alokasi waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
C.
|
Pemilihan sumber
belajar/media pembelajaran
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
sumber belajar/media
pembelajaran
Dengan tujuan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kesesuaian
sumber belajar/media
pembelajaran
Dengan materi
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kesesuaian
sumber belajar/media
pembelajaran
Dengan karakteristik
peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
D.
|
Skenario/kegiatan
pembelajaran
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
strategi
dan
metode pembelajaran dengan Tujuanpembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kesesuaian
strategi
dan
metode pembelajaran dengan materi pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kesesuaian
strategi
dan
metode pembelajaran dengan karakteristik peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Kelengkapan
langkah-langkah
dalam setiap tahapan
pembelajaran dan kesesuaian alokasi
waktu.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
E.
|
Penelitian
hasil belajar
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
teknik penilaian dengan
tujuan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kejelasan prosedur penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kelengkapan
instrumen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Skortotal
|
|
NILAI
=
Singkawang, ………… 2017
Guru Pamong
IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001
LEMBAR PENILAIAN RPP
Nama Mahasiswa : HENDRASIUS
NIM : 11308504140059
PRODI/BKK :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kompetensi
Dasar :..........................................................
Kelas/Semester :
..........................................................
Penskoran :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik
No
|
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN
|
SKOR/NILAI
|
|||
A.
|
Perumusan tujuan
Pembelajaran
|
|
|||
1
|
Kejelasan perumusan
|
1
|
2 3
|
4
|
|
2
|
Kelengkapan
cakupan perumusan
|
1
|
2 3
|
4
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan kompetensi
dasar
|
1
|
2 3
|
4
|
|
|
|
|
|||
B.
|
Pemilihan dan pengorganisasian
materi ajar
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
dengan tujuan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kesesuaian
dengan karakteristik
peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Keruntutan dan sistematika
materi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Kesesuaian
materi dengan
alokasi waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|||
C.
|
Pemilihan sumber
belajar/media pembelajaran
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
sumber belajar/media
pembelajaran
Dengan tujuan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kesesuaian
sumber belajar/media
pembelajaran
Dengan materi
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kesesuaian
sumber belajar/media
pembelajaran
Dengan karakteristik
peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
D.
|
Skenario/kegiatan pembelajaran
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
strategi
dan
metode pembelajaran dengan Tujuan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kesesuaian
strategi
dan
metode pembelajaran dengan Materi pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kesesuaian
strategi
dan
metode pembelajaran dengan karakteristik peserta
didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Kelengkapan
langkah-langkah
dalam setiap tahapan
Pembelajaran dan kesesuaian alokasi
waktu
|
1
|
2
|
3
|
4
|
E.
|
Penelitian
hasil belajar
|
|
|||
1
|
Kesesuaian
teknik penilaian dengan
tujuan
pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Kejelasan prosedur penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Kelengkapan
instrumen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Skor total
|
|
NILAI
=
Singkawang, ………….. 2017
Dosen Pembimbing
EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.
LEMBAR PENILAIAN KEPRIBADIAN
Nama Mahasiswa : HENDRASIUS
NIM : 11308504140059
Prodi : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar Negeri 13 singkawang
Penskoran :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik
No
|
Aspek Kepribadian
|
Skor
|
|||
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
||
1
|
Kesamaan
dan kesupelan
|
|
|
|
|
2
|
Kekritisan dan kreativitas
|
||||
3
|
Ketenangan dan kepercayaan diri
|
||||
4
|
Kesopanan dan kelancaran
berbicara
|
||||
5
|
Kehangatan dalam komunikasi
|
||||
6
|
Kematangan/kedewasaan
|
||||
7
|
Kesahajaan, kerapian dan kesopanan
dalam penampilan
|
||||
8
|
Kejujuran/kedisiplinan
|
||||
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
NILAI
=
Singkawang, ……………. 2017
Guru Pamong
IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001
LEMBAR PENILAIAN KOMPETENSI SOSIAL
Nama Mahasiswa : HENDRASIUS
NIM : 11308504140059
Prodi : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 13
Singkawang
Penskoran :1=Kurang,2=Cukup,3=Baik,4=Sangatbaik
No
|
Aspek Kompetensi
Sosial
|
Skor
|
|||
Agus
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
||
1
|
Kesimpatian dan
keempatian
pada peserta didik,
|
|
|
|
|
|
Teman sejawat dan warga
sekolah
|
|
|||
2
|
Kepatuhan terhadap keputusan
bersama
|
|
|||
3
|
Kerja sama dengan teman sejawat
|
|
|||
4
|
Kerja sama dengan peserta
didik
|
|
|||
5
|
Ketertiban
di lingkungan sekolah
|
|
|||
6
|
Rasa
hormat/penghargaan pada orang lain
|
|
|||
|
Jumlah SKor
|
|
|
|
|
NILAI
=
Singkawang, …………….. 2017
Guru Pamong
IDAWATI, S.Pd.
NIP.196004171980092001
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN KEGIATAN PPL
Nama Mahasiswa :.Hendrasius
NIM : 11308504140059
Program Studi : Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sekolah Mitra : SD
NEGERI 13 SINGKAWANG.
Tahun
Akademik :
2017/2018
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI*)
|
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1. Kebenaran isi laporan
|
|
|
|
|
|
2. Kebenaran tata
tulis dan bahasa
|
|
|
|
|
|
3. Kerapian
tulisan
|
|
|
|
|
|
4. Ketepatan waktu penyelesaian
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
NILAI
=
Singkawang, ……………… 2017
Dosen Pembimbing
EMI SULISTRI,S.Pd.,M.Pd.
NIDN.
CONTOH BENTUK FORMAT LAPORAN PPL 2017-2018
(dibuat 4 rangkap:LPMPK, dosen
pembimbing, guru pamong, dan sekolah mitra)
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN
KATAPENGANTAR
Dalam bab ini perlu
dikemukakan
-
Tujuan
observasi
dalam rangkaian
Program
Pengalaman
Lapangan
-
Di Sekolah mana praktikan berlatih
-
Kapan dilaksanakan
dan sampai
berapa lama
dilaksanakan
-
Serta
ucapan
terima kasih
kepada dosen
pembimbing, kepala
sekolah,dan guru yang telah memberikan
bimbingan
DAFTAR
ISI
DAFTAR LAMPIRAN( RPP
pada saat ujian, prota, prosem, silabus,
foto kegiatan)
BAB I PENDAHULUAN
-
Dasar
Pelaksanaan
-
Tujuan
Program PPL
-
Lokasi
dan Sasaran
- Manfaat Program PPL
BAB II PROFIL SEKOLAH
Hal-hal yang perlu dilaporkan
antara
lain:
-
Denah gedung sekolah
susunan ruangan-ruangan yang ada
-
Struktur organisasi sekolah,
susunan personalia
kepala
sekolah, guru-
guru,
pelaksana administrasi
-
Jumlah
murid setiap
kelas
-
Alat-alat pelajaran yang tersedia
-
Koperasi(bila
ada)
-
Keadaan
lingkungan
belajar
murid
-
OSIS
-
Latar
belakang para
siswa pada umumnya
-
Apakah dalam
melaksanakan administrasi dan pembagian tugas
BAB
III PELAKSANAAN PPL
-
Jadwal pelaksanaan PPL yang telah
dilakukan
-
Analisis hasil pelaksanaan PPL
BAB IV PENUTUP
Kesimpulan dan saran
LAMPIRAN
-
RPP pada saat ujian,
-
prota,
-
prosem,
-
silabus,
-
Kartu
bimbingan PPL
-
foto kegiatan
LAPORAN KEGIATAN
PROGRAM PENGALAMAN
LAPANGAN (PPL)
DI SD NEGERI 13 SINGKAWANG
TAHUN 2017/2018
Oleh:
HENDRASIUS
NIM: 11308504140059
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA
SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) SINGKAWANG
SINGKAWANG
2017
HALAMAN PERSETUJUAN
LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN(PPL)
SD NEGERI 13 SINGKAWANG
HENDRASIUS
NIM: 11308504140059
Singkawang, ……….. 2017
Menyetujui
Dosen
Pembimbing, Guru
Pamong,
EMI
SULISTRI,S.Pd.,M.Pd. IDAWATI,
S.Pd.
NIDN. NIP.196004171980092001.
Mengetahui
Kepala LPMPK Kepala
Sekolah
STKIP Singkawang, SDN
3 Singkawang,
Rosmaiyadi, S.Pd.,M.Pd Muhammad,S.Pd,SD.
NIDN.
1120078701 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar