USAHA RENCANA
BISNIS
PROGRAM
MAHASISWA WIRAUSAHA
PEMBUDIDAYAAN
SEMUT JEPANG
DISUSUN OLEH:
FUJI SAFITRI NIM
11308504140115
NOVI
VERONIKA NIM
11308504140016
HENDRASIUS NIM
11308504140056
STKIP SINGKAWANG
KOPERTIS WILAYAH
XI KALIMANTAN
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KOTA SINGKAWANG
2016
HALAMAN
PENGESAHAN USULAN PMW
1. Judul/
Nama Usaha :
Pembudidayaan Semut Jepang
2. Jenis
Kegiatan Wirausaha :
Barang
3. Kegiatan
Wirausaha :
Baru
4. Ketua
Kelompok
a. Nama :
Ratna
b. NIM :
11308504140115
c. Fakultas/Program
studi : Sekolah Tinggi
Keguruan dan Ilmu
Pendidikan/ Pendidikan bahasa dan
Sastra Indonseia
d. Alamat
Rumah/Telp/Fax/Email : Jln. Bambang
Ismoyo, Kel. Kampung
Jawa, Gang Sanur
5. Jumlah
Anggota :
2 Orang
a. Nama :
Astri
NIM : 11308504140016
Fakultas/Program studi : Sekolah Tinggi Keguruan dan
Ilmu
Pendidikan/Pendidikan bahasa dan
Sastra Indonseia
b. Nama :
Geta Aswinda
NIM : 11308504140056
Fakultas/Program studi : Sekolah Tinggi Keguruan dan
Ilmu
Pendidikan/Pendidikan bahasa dan
Sastra Indonseia
6. Dana
Yang Diajukan :
Rp. 15.354.000,-
7. Prakiraan
waktu BEP : 3
Bulan
Singkawang,
18 maret 2016
Dosen Pendamping/ Mentor Ketua Kelompok
Wasis Suprapto, M.Pd. Ratna
NPP. 15.1.12.291.77 NIM.
11308504140115
Mengetahui
Wakil Ketua III
Susan Neni
Triani, M.Pd.
NUPN. 9911621545
I
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt atas segala nikmat dan kesempatan
yang diberikan-Nya kepada kita semua. Sehingga masing-masing dari kita dapat
melaksanakan seluruh aktivitas sehari-hari sesuai rencana dengan lancar
termasuk menjalankan amanah dibidang pendidikan yang sedang kita jalani saat
ini.Makalah ini dibuat selain untuk tugas kuliah juga sebagai referensi untuk
menambah pengetahuan kita semua bagi pembaca pada makalah yang berjudul BUJANG
(Budidaya Usaha Jangkrik) Peluang Bisnis Prospek Untuk Pakan Burung dan Umpan
Memancing Di Semanga Kan. Sambas.
Dalam
penyelesaian makalah ini, kami banyak mengalami kesulitan terutama disebabkan
faktor kurangnya pengetahuan kami mengenai pemaparan diatas. Namun, berkat
bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat
terselesaikan. Karena itu, sepantasnya jika kami mengucapkan terima kasih
kepada :
1. Allah
SWT yang selalu memberi kami kesehatan serta perlindungan
2. Orang Tua yang selalu berdoa untuk kami,
anaknya,
3. Bapak Wasis
Suprapto, M.Pd selaku dosen pembimbing mata kuliah Pengantar Kewirausahaan, dan
4. Teman –
teman semua yang ikut membantu proses penyelesaian makalah ini.
Tentu pembuatan makalah ini bukanlah
menjadi sebuah hasil yang paling sempurna. Untuk itu masukan dan saran yang
produktif sangatlah dinanti dari setiap pembaca sekalian agar pada pembuatan
makalah dikemudian hari akan menjadi lebih baik. Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.
Singkawang, 18
Maret 2016
Penyusun
ii
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN........................................................................ i
KATA
PENGANTAR................................................................................ ii
DAFTAR
ISI............................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................... 1
1.1 Latar Belakang........................................................................... 1
1.2 Tujuan........................................................................................ 2
1.3 Manfaat...................................................................................... 2
BAB
IIRENCANA BISNIS....................................................................... 3
2.1 Deskripsi
Usaha......................................................................... 3
2.1.1
Bidang Usaha................................................................. 3
2.1.2
Jenis Produk................................................................... 3
2.1.3
Kegunaan dan Keunggulan............................................ 3
2.1.4
Lokasi Usaha.................................................................. 4
2.1.5
Waktu............................................................................. 4
2.1.6
Dampak Usaha Terhadap Lingkungan........................... 4
2.1.7
Resiko Bisnis.................................................................. 5
2.2 Rencana
Pemasaran.................................................................... 5
2.2.1
Target Konsumen........................................................... 5
2.2.2
Wilayah Pemasaran........................................................ 5
2.2.3
Situasi Persaingan.......................................................... 6
2.2.4
Jumlah danHarga Produk............................................... 6
2.3 Rencana
Produksi...................................................................... 6
2.3.1
Bahan Baku.................................................................... 6
2.3.2
Alat/Teknologi............................................................... 7
2.3.3
Proses Produksi.............................................................. 7
2.3.4
Kapasitas produksi......................................................... 7
2.4 Rencana
Manajemen.................................................................. 8
2.4.1
Bentuk Usaha................................................................. 8
2.4.2
Struktur Organisasi........................................................ 8
2.4.3
Jumlah tenaga Kerja....................................................... 8
2.4.4
Rencana UKM Mitra..................................................... 8
2.5 Rencana
Keuangan.................................................................... 9
2.5.1
Kebutuhan Invertasi Dan Modal Kerja.......................... 9
2.5.2
Rencana Laba/Rugi........................................................ 9
2.5.3
Benefit/Cost Ratio......................................................... 9
BAB III
PENUTUP.................................................................................... 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar