SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Asoka
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII (Tujuh) /1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Standar Kompetensi :
Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi
melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
||||||
2.1 Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat efektif
|
Cara menceritakan pengalaman yang
mengesankan dan implementasi
nya
|
o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan
o Bertanya jawab tentang pengalaman yang dialami oleh narasumber
o Memilih pengalaman yang paling mengesankan
o Menyusun kerangka cerita pengalaman
o Berlatih bercerita
o Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata
dan kalimat efektif
|
·
Menyebutkan pengalaman
yang pernah dialami.
·
Mengklasifikasikan
cerita pengalaman yang pernah dialami
berdasarkan waktu kejadiannya.
·
Mampu menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
|
·
Sebutkan pengalaman
yang pernah anda alami!
·
Klasifikasikancerita
pengalaman yang pernah anda alami berdasarkan waktu kejadiannya!
·
Ceritakanlah
pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
|
4X40’
|
· Pengalaman pribadi yang mengesankan
· Buku Teks Bahasa Indonesia
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
|||
2.2
Menyampaikan pengumumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
Penyampaian pengumuman
|
o Mencermati model penyampaian teks
pengumuman
o Bertanya jawab tentang gaya penyampaian
pengumuman yang disampaikan oleh model
o Menenentukan topik pengumuman
o Menyusun kerangka pengumuman
o Berlatih mengumumkan
o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat
yang lugas dan sederhana
|
·
Mampu membuat kerangka
pengumuman yang selanjutnya akan dibacakan di depan kelas.
·
Mampu mengumumkan
dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
Tes praktik/kinerja
|
Uraian
|
·
Buatlah sebuah
kerangka pengumuman yang akan dibacakan di depan kelas dengan tema bebas!
·
Umumkanlah secara
lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah berdasarkan kerangka
pengumuman yang telah anda tulis!
|
6X40’
|
Selebaran Pengumuman
Lingkungan
Buku teks
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
|
|
|
Singkawang, 1
Junil 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMP Asoka Guru Mata Pelajaran
JIMMY,S.Kom HENDRASIUS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar